SANTO VALENTINUS (IMAM DAN PENGAKU IMAN)

patron7

Perayaan Valentine merupakan perayaan liturgis bagi Gereja Katholik Roma dan sebagian Gereja Reformasi. Dalam Penanggalan Liturgi Gereja Roma , Perayaan Santo Valentinus jatuh pada tanggal 14 Februari tepat pada saat kematiannya. Perayaan Valentine juga dibarengi dengan perayaan liturgis terhadap Santo Methodius , Santo Cyrillus dan Santo Maro. Di dalam Gereja Katholik Roma, gereja merayakan Peringatan Para Martir sejak zaman penindasan sekitar abad ke-1 sampai ke-2.

Santo Valentinus adalah seorang Imam Katholik dan Pengaku Iman (Confessor). Dia berhadapan dengan Kaisar Claudius akibat menjalankan ibadat Kristen yang dikatakan bidaat bagi Pagan Roma. Santo Valentinus hidup dengan penuh semangat Kristiani dan cinta kasih, sehingga ia menebar benih kasih kepada setiap orang di Terni, Italia. Pada saat kematian Santo Valentinus yang dipenggal akibat mempertahankan imannya, Paus Cornelius yang pada saat itu memimpin Gereja Katholik dimasa-masa pengejaran, memakamkannya di dalam sebuah Kripta yang kini berada di altar Katedral di Terni, Italia.

Perayaan Valentine saat ini sudah menjadi suatu hal yang lazim diterima begitu saja oleh semua orangĀ  tanpa tahu darimana asalnya. Banyak orang Kristen sendiri merasa kecewa dengan perayaan yang ugal-ugalan oleh sejumlah orang yang mengaku merayakan perayaan itu. Mereka sendiri tidak tahu makna pasti dari perayaan itu. Mereka hanya mengatakan hari kasih sayang. Benarkah? Sama sekali tidak. Mengapa? Karena setiap hari adalah hari kasih sayang, tanpa ada hari tertentu yang dikhususkan, siapa saja boleh melakukannya tanpa harus ada kado atau kartu ucapan , atau yang lainnya. Perayaan Santo Valentinus sekali lagi bersifat liturgis bukan perayaan seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natal, atau perayaan keagamaan lainnya. Perayaan Santo Valentinus dirayakan sebatas Ibadat biasa dalam devosi dan kontemplasi dalam perantaraan Santo itu.

Kaum muda selalu mengidentikkan Perayaan Santo Valentinus dengan warna “pink” , coklat, bunga dan kado. Orang-orang rela membeli benda mahal demi kekasihnya pada perayaan itu. Sebenarnya perayaan ini hanya dikhususkan bagi umat Nasrani saja, namun umat beragama lainnya boleh merayakan hal ini tetapi bukan perayaan santo-nya melainkan cinta kasih dan perdamaian yang setiap hari kita lakukan kepada sesama dan alam sekitar. Bukannya perayaan yang ugal-ugalan tanpa makna apa pun , dan bahkan tidak tahu sejarahnya sehingga tenggelam dalam kebodohan.

Perayaan Santo Valentinus hanya untuk Umat Katholik dan umat Kristiani lainnya yang mengimani Kristus dalam hidup para santo dan para martir suciNya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s