Ordinis Commilitoni Sancti Cruce merupakan aliran Ordo Templar yang mengalami banyak perbaikan, baik dari segi hidup membiara, kultus, ajaran dan regula. Ordo Templar sebagai induk utama aliran masih diikuti dari beberapa pemahaman, seperti gnostik-Kristen, teologi, upacara/ritus kuno yang lazim digunakan, dan sistem hirarkis. Dari beberapa sintesis ordo yang ada, Ordinis Commilitoni Sancti Cruce mengambil suatu pendekatan kerohaniaan Serikat Jesus, Carolingian, Oratorian dan Benedictine.

Dalam sejarah berdirinya, Ordinis Commilitoni Sancti Cruce dibentuk secara tidak sengaja dimana beberapa anggota OPUS DEI-awam membentuk suatu komunitas yang dinamakan “TENTARA KRISTUS” yang berjuang di dunia modern yang serba canggih demi mempertahankan tradisi kuno yang mulai pudar dari Gereja.

Sekitar tahun 1900-an , Ordinis Commilitoni Sancti Cruce berpusat di Inggris dan masih begitu merahasiakan ordo dari Gereja. Ordinis Commilitoni Sancti cruce memisahkan diri dari Ordo Templar yang berubah haluan menjadi Freemasonry (bidaah pantheisme). Dengan masih mempertahankan sistem kebiaraan Serikat Biarawan Palang Merah, Ordinis Commilitoni Sancti Cruce hanya menerima anggota yang berasal dari Konggregasi OPUS DEI, yang sampai saat ini ketat dilaksanakan.

Ordinis Commilitoni Sancti Cruce tidak berperang seperti dahulu Ordo Templar secara fisik. Namun, perang yang sebenarnya adalah perang melawan bidaah (ajaran sesat) melalui gnostik-Kristen, perang iman dalam diri melalui pengekangan, dan mempersiapkan diri untuk “Masa Kegelapan Anti-Kristus”.

Ordinis Commilitoni Sancti Cruce , bergerak menyebarkan iman Katholik murni dari Gereja Kristus, melakukan gerakan pembaruan iman dan bergerak “bawah tanah” untuk menjaga kerahasiaan Rancangan Besar. Setiap biarawan disumpah untuk melaksanakan hal itu dan menjaga kerahasiaan ordo yakni Rancangan Besar, yang merupakan kerahasiaan dari Ordo Templar dan Biarawan Palang Merah, sebagai Tentara Salib.

Ordinis Commilitoni Sancti Cruce memiliki para pelindung yang menjadi teladan , yaitu:

  1. Santo Josep Pekerja ( 1 Mei) .  josephworkerSebagai bagian dari Konggregasi OPUS DEI , yang melaksanakan kehidupan religius di dalam kehidupan sekuler, Santo Josep Pekerja merupakan teladan mulia bagi ordo karena dia bekerja demi nafkah bagi Bunda Suci Maria dan Tuhan Jesus Kristus, namun setia melaksanakan kehidupan religius dan kehendak Allah dengan setia selibat.
  2. Santa Maria Magdalena (22 Juli). saint-mary-magdalene-patron-of-knights-templar Santa yang diangkat oleh Ordo Templar sebagai pelindung , karena Santa Maria Magdalena seorang pelacur yang bertobat dan hidup dalam tapa berat dengan setia bersama Bunda Suci Maria dan para rasul mengikuti Kristus, dan menerima penampakan suci dari Kebangkitan Jesus.
  3. Santa Jean D’Arc ( 30 Mei).jean-darc Santa yang dipilih oleh pendiri OCSC, dengan melihat riwayat hidupnya yang mati sebagai prajurit wanita Kerajaan Perancis yang selalu setia kepada kehendak Allah. Beliau dihukum mati dengan dibakar di tiang pancang oleh Uskup Lyon, dengan tuduhan sebagai penyihir.

Ordinis Commilitoni Sancti Cruce juga mengakui Jaques de Molay sebagai Patriarkh Agung Ordo yang memiliki semangat ketentaraan Kristus, yang dibuktikannya dengan mati di tiang pancang setelah disiksa oleh Inquisisi Gereja abad ke -13. Penghormatan besar kepada Tentara Ordo Templar dikenang setiap tanggal 13 Oktober. jaques-de-molay

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s